SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA

Foto saya
Kupang, NTT, Indonesia

Senin, 24 Agustus 2009

TEHNIK DAN STRATEGI MENGATASI STRESS


1. Kehidupan yang seimbang.
Disiplinkan diri dengan program pola makan yang seimbang. Terlalu banyak gula, garam, dan kopi dapat membuat stres meningkat. Kalau kita sering mengonsumsi 3 hal diatas, tingkat gula dalam darah akan meningkat dan membuat kita menjadi malas dan lemah. Gantilah dengan banyak mengonsumsi buah segar dan sayuran. Hindari kebiasaan buruk merokok, minum minuman keras dan narkoba. Dengan menerapkan prinsip keseimbangan kita dapat mengembalikan kondisi fisik. Dengan cara alamiah seperti itu kita dapat mengurangi akibat negatif stress, meskipun belum sepenuhnya mengatasi akibat stress sebenarnya.
2. Olahraga secara teratur.
Jika sehat secara fisik kita akan lebih kuat dan tangguh menghadapi stress. Untuk itu olah raga teratur adalah kuncinya. Olahraga yang dikuti dengan latihan pernafasan dan atau relaksasi selain dapat meningkatkan kebugaran tubuh juga dapat meningkatkan kestabilan emosi.
3. Relaksasi
Relaksasi ada dua macam. Relaksasi fisik dengan meregangkan dan melemaskan otot dan relaksasi pikiran dengan menurunkan frekuensi gelombang otak.
Relaksasi otot bisa dengan Stretching, dan pelemasan dengan memutar bahu dan pergelangan kaki. Selain itu bisa dengan cara mandi dengan air hangat.
Relaksasi mental dan pikiran bisa kita lakukan dengan menyeimbangkan antara kerja dengan refreshing. Lakukan hobby yang kita senangi karena bisa membuat kita rilleks. Jika sudah mengusai tehnik relaksasi misalnya tehnik membangun tempat kedamaian, visualisasi pemandangan yang indah, damai dan menyejukan kita akan lebih mudah melakuakan relaksasi kapan dan dimana saja.
4. Sikap.
Siakp kita dalam mengahadapi sesuatu menentukan kemampuan kita dalam menghadap stress. Bersikaplah positif dalam segala hal, hindari pikiran negatif . Kembangkan rasa humor karena tertawa dapat membuat otot tegang jadi kendor.
5. Berbagi dengan orang lain.
Cara yang lebih efektif menangkal stress yaitu dengan mengaktifkan diri dengan kegiatan klub, organisasi. Melalui hal tersebut kita dapat curhat, membantu dan berbagi suka dan duka dengan orang lain sehingga bisa mengurangi dan mengatasi stress
6. Manjakan diri sendiri.
Ketika stress datang kita justru perlu memanjakan diri dengan makan makanan favorit, memanjakan diri dengan hal-hal yang membuat kita senang.
7. Buatlah Prioritas.
Serigkali stress terjadi karena menumpuknya pekerjaan yang tidak bisa kita selesaikan. Biasakan membuat daftar apa yang harus dikerjakan ( a To do List) Kemudian susun berdasar prioritas yang harus segera dikerjakan. Hindari keinginan untuk menyelesaiakan sekaligus, lakukan satu demi satu berdasar prioritas.

Selamat menikmati hidup yang lebih baik.

Tetap Semangat " Leader are Reader"

by Slamet





1 komentar:

Anonim mengatakan...

tapi kenapa stress terus bawaannya.....