SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA

Foto saya
Kupang, NTT, Indonesia

Minggu, 20 Maret 2011

Signal Timor Telecom (TLS-TT) tembus Wilayah RI

Saya baru kembali dari mengunjungi pos-pos di perbatasan RI-Timor Leste. Secara umum gambaran kondisi perbatasan tidak jauh beda dari info2 dan data yang sudah ada sebelum2nya, masih jauh tertinggal walaupun sudah ada upaya pembangunan disana. Yang paling mengusik saya adalah ternyata hampir semua pos yang ada di perbatasan RI-RDTL signal telepon dari RDTL mengalahkan signal telepon RI. Dalam hati saya " wah ini gak boleh dibiarkan....ini merupakan salah satu bentuk pelanggaran wilayah".
Untuk dapat signal indonesia buat pemakai kartu simpati seperti saya karena saking kuatnya signal TLS-TT harus mengubah pengaturan telepon ke manual (pengaturan jaringan) baru bisa dapat signal telkomsel karena kalau tidak yang muncul di layar Hp adalah tulisan TLS-TT dan kalo kita terima telepon baik yang nerima dan yg menelepon akan kena "roaming". Yang lebih menyedihkan lagi ada beberapa pos yg signal telkomselpun gak dapat sementara signal TLS-TT bisa full diterima dan parahnya lagi salah satunya terjadi di Pintu Lintas Batas (PLB) yaitu di PLB Napan yang berbatasan dengan Distric Oecusse Timor Leste di wilayah Kabupaten TTU. Komunikasi kesana hanya bisa menggunakan jaringan radio yg sudah tergelar di perbatasan namun kalau cuaca buruk komunikasi juga sering terganggu. Wilayah tersebut cukup "rawan" karena merupakan pintu keluar masuk kedua negara sehingga komunikasi sangat penting artinya untuk kecepatan informasi dari sana. Namun karena terkendala tidak ada signal, info dr sana sering terlambat.
Dalam hati saya bertanya kenapa dengan negara sekelas Timor Leste kitapun kalah......



Kefamenanu, Maret 2011

1 komentar:

Unknown mengatakan...

salam kenal bloger kupang.. ^_^